Showing posts with label Ragunan Zoo. Show all posts
Showing posts with label Ragunan Zoo. Show all posts
Wednesday, July 19, 2017

Ragunan Favoritnya Anak dan Keluarga Untuk Liburan Sambil Belajar


Binatang pertama yang paling deket sama pintu masuk. hahaha "Gajah" i see you again baby ;p
Yeay liburan sudah tiba, bahkan sudah mau habis tapi masih ingin ajak anak-anak jalan ke suatu tempat ya ?
Nah, pilihan yang paling banyak penggemarnya adalah Ragunan Kebun Binatang di wilayah Jakarta Selatan ini loh.
Ragunan ini adalah salah satu tempat wisata yang banyak banget penggemarnya mulai dari balita sampai kakek nenek. Bahkan, kalau liburan lebaran entah ada berapa puluh ribu pengunjung yang dateng ketempat ini.
(Hah seriusaaaaan?)

Yap, serius banget deh hehehe karena kalau tempat ini lagi banyak yang berkunjung imbas kemacetannya luar biasa loh. (Kebetulan rumah ga jauh dari Ragunan)
Bahkan, sangking macetnya warga sekitar kadang-kadang mendadak jadi tukang ojek, tukang minuman, dan lainnya deh. Karena kalau macet bisa sampe jam 9 malem loh. Amazing banget kan.

Macet dari berbagai sisi yang laur biasa panjangnya
Waktu lagi keluar, aku iseng nanya ke salah satu mobil bak yang isinya rombongan ke Ragunan. Ada yang dari Bogor pagi-pagi tapi baru sampe sini sore karena macet yang luar biasa. Huh, kasian juga ya tapi ya disini seru-nya. Hahaha

Lebih mengenaskannya lagi dateng dari jauh-jauh di hari Senin, dan Ragunannya libur. (Kalian perlu tau informasi ini)
Ragunan memang banyak sekali penggemarnya, karena selain harga tiket masuknya murah, tempat ini juga sangat luas , banyak permainannya dan yang paling penting bisa memperkenalkan ke anak tentang binatang-binatang yang cukup banyak juga loh.
Mulai beberapa tahun ini kalau mau masuk Ragunan memang sudah ada perubahan di cara pembelian tiket masuknya. Karena sudah mulai di berlakukan menggunakan kartu JackCard (kartu sejenis atm)
Harga pembelian awal berikut kartunya sekitar 
Rp 30.000.- dengan isi saldo 
                  Rp 20.000.-
Nah, kalau kita bawa rombongan, bisa isi saldo di pintu pembelian tiket masuk. Kartu ini berguna juga loh untuk masuk ke Primata dan jangan sampai hilang karena bisa dipakai berulang kali yang penting ada saldonya. Kartu ini juga bisa untuk naik busway. Jadi kartu ini multifungsi banget dan praktis tentunya.
Kembali ke tiket masuk Ragunan ya, tiket masuknya itu murah banget loh.
Anak dibawah usia 3 tahun belum bayar
Dewasa hanya Rp 4.500.-/orang
Nah, murah banget kan! OMG, pantesan banyak penggemarnya ya hehehe
Pintu masuknya pun banyak loh, ada pintu utara, barat, selatan, dan timur. Kamu tinggal pilih aja datengnya dari arah mana. Kalau pintu yang paling rame sih udah pasti pintu utara karena kebanyakan orang taunya masuk dari sana, selain itu kalau naik busway juga turunnya di pintu utara jadi ga heran deh kalau pintu utara antriannya bisa panjang banget dan macetnya juga luar biasa banget.
Kalau ke Ragunan disarankan banget untuk bawa makanan dan minuman dari rumah ya, karena ya namanya tempat wisata pasti kalau beli makanan di dalem ya mahal. 
Aku kasih contoh mahalnya deh. Misalnya pecel sayur kalau beli di mba-mba yang lewat di rumah seporsi Rp 10.000.- udah sepiring, nah kalau di Ragunan sepiring pecel Rp 20.000.-
Tapi tergantung mau praktis atau engga sih hehehe kembali ke pilihan masing-masing ya. Emang berat sih kalau bawa makanan dari rumah dan harus keliling dulu, tapi kan bisa pakai tas gemblok dan bawa makanannya juga dikira-kira aja supaya ga terlalu banyak dan ga terlalu berat, apalagi kalau punya baby *yaaampyuuun peralatannya banyaaaak banget pasti".

Muter-muterlah sepuas mungkin, sepegel mungkin di sana. Tapi kalau baru dateng aku selalu milih naik kereta dulu, soalnya sambil inget-inget jalan yang mau dituju biar ga nyasar. Hahaha
Eits jangan salah guys, kalau kita bingung arahnya bisa nyasar dan malah bingung apalagi bawa anak-anak tanpa stroller huh kebayang mereka capeknya. 

Naik kereta ini sekitar Rp 10.000.-/orang
 Anak dibawah usia 3tahun belum dikenakan biaya, kereta ini muterin Ragunan jadi kalau baru masuk aku selalu mau naik ini sambil inget tempat yang mau dikunjungin sih hehehe
Tapi ada pilihan seru guys kalau ga mau terlalu jauh jalan didalem bisa masuk ke Pusat Primata. Masuk ke primata di kenakan biaya lagi.
Kalau ga salah kurang lebih 
          Rp 7.500.-/orang
Masuk ke Primata tidak dizinkan bawa makanan loh, boleh bawa minuman dan itu harus pake botol tupperware. Kalau bawa pake botol aqua ya dititipin di loker.
Masuk kesini, tujuan utamanya pertama adalah naik tangganya dulu ya, setelah itu ikutin aja alurnya. Karena ga sedikit loh orang-orang yang justru masuknya langsung dari bawah (sebenernya sih ini pintu keluar) tapi banyak juga yang males naik tangga hehehe
Dari atas kita bisa liat Primatanya juga kok.Tapi sekarang kebanyakan mereka di Goa dan keluar pas jam makan siang aja (yawla mereka aja apal jam makan) hahaha
WAW! seger banget ya liat pemandangan kebawah gini hijau-hijau adem banget ke hati
Nah, ini alasan kita tidak dizinkan bawa makanan dari luar.
Seru juga loh kesini, bisa masuk ke goa-goa'an yang dibuat semirip mungkin dengan goa aselinya. Tenang aja ga usah takut kepanasan karena didalem goa ini full AC dan kita bisa melihat primata dari dalam goa. Cukup panjang juga kok goa-nya dan di bikin agak gelap-gelap gitu deh. 

Menuju masuk goa (eeehh anak-anak udah mulai merinding takut di peluk gorilla katanya) hahaha

Didalemnya sebenernya kita bisa liat kaya gini loh, iih seru banget kan ya. bisa say hello sama primatanya lewat pembatas kaca aja.

Hampir sepanjang Goa di desain kaya gini. Jadi bisa sambil tengok-tengok dimana si tuan rumah *ehhhh hahaha kita berasa tamu deh

Ini loh suasana didalem goa, ada jalanan yang terbuat dari kaca dan bisa liat kebawah gitu. hahaha walaupun anak-anak takut dengan imajinasi kacanya pecah dan dia jatuh ke kandang gorilla hahaha

Sampailah kita di penghujung yeaaaay, setelah berpetualang didale goa panjang

Tapi keluar dari goa banyak juga kok tempat untuk istirahatnya.
Ada banyak Gazebo dan spot foto yang bagus. 

Sambil jalan keluar, liat pemandangan yang ga kalah bagusnya loh



Sebenarnya disediakan air minum niagara didalem. Tapi sayangnya orang kaya aku belum semua terbiasa minum air kaya gini
Setelah berkeliling kesana-kesini akhirnya ngerasa capek banget. Kalau bawa makanan jangan lupa untuk ambil bekal makanannya dan makan di taman sekitaran di luar primata, karena pasti capek banget keliling jalan kaki yang segitu luasnya. Dan silahkan pilih sesuka hati tempat yang nyaman untuk makan dan istirahat ada dimana.




Kalau kita lupa sama jalan keluar, atau mau keliling lagi, bisa liat petunjuk arah ini aja.

Tinggal tentuin aja kemana tujuannya ya

Finally, anak-anak dan ibu-nya udah ga kuat lagi deh muter-muter jauh.
Walaupun belum semua tempat di hampirin tapi rasanya perjalanan kali ini udah cukup dan kita pulaaaaaang.
Sambil jalan pelan-pelan ke pintu keluar karena capek banget hahaha sambil liat binatang lagi deh biar anak-anak sedikit lupa sama rasa capeknya.
Btw guys anak-anak tepar loh pas sampe rumah. Karena rumah ga terlalu jauh dari Ragunan jadi cepet deh sampenya.

Thanks for reading ya.
Silahkan tinggalin komentar dan alamat blog kamu ya. Nexttime aku mampir ^^