Find All Your Needs in Here

JANGAN Lakukan hal ini !! Persahabatanmu Bisa Hancur

Thursday, February 27, 2020
Sumber : google
Punya Persahabatan bagai Ke-Pom-Pong lalu hancur ? Pasti karena ada hal ini didalemnya deh. Penasaran apa aja sih sebenernya yang bisa bikin Persahabatan bertahun-tahun bisa hancur dalam sekejap ? 
Aku punya nih, beberapa poin yang mungkin tanpa kita sadari, kita udah ngelakuin hal yang membuat sahabat kita menjauh, pergi satu persatu tanpa kata-kata satu hurufpun.
1. BOHONG

Loh kenapa nih kok bohong doang aja bisa bikin persahabatan ancur ?
Ya Jelas dong gaes. Karena kebohongan yang satu ga menutup kemungkinan akan ada kebohongan kedua, ketiga, keempat, kelima. 
Its oke! kadang kita memang perlu privasi untuk diri sendiri, tapi bukan berati kita bisa merugikan orang lainkan. 

Misal Kita cerita ke sahabat kita tentang masalah yang kita hadapi tapi cerita yang kita bangun adalah "Cerita Bohong"itu sama saja kamu melakukan hal untuk mengajak sahabat kita merugi. Merugi dalam artian, sudah dibuat salah oleh cerita bohong yang kamu ceritakan kepadanya hanya demi sebuah dukungan dari sahabatmu.

Hal sepele seperti itu saja udah cukup ngebuat persahabatan jadi ga sehat. Karena ketika sahabat kita tau cerita aslinya dari beberapa pihak terkait dan kamu ketauan bohong, Ya sudah pasti CITRA kamu buruk. Kepercayaan sahabatmu bisa hancur. Walaupun ya memang banyak seorang sahabat yang bisa memaklumi bagaimana sikap sahabatnya, tapi tentu aja, kebohongan yang dilakukan terus menerus akan membuat hilangnya rasa perduli seorang sahabat ke kita ya gaes.

Apapun masalahnya, entah materi, entah pengalaman pribadi kalau kita selalu membangun cerita yang Bohong, Jangan beharap akan ada yang  bisa menjadi seorang sahabat baik.

By Thumblr

2. MAKAN TEMEN BAIK

Apa nih kok makan temen baik ? Hahahaha
Yang aku maksud  'Makan Temen Baik"itu sama aja dengan menghianati sahabat kita.
Misal dalam masalah percintaan, ga menutup kemungkinan kamu suka sama pacarnya sahabat kamu, atau bahkan kamu pacaran sama pacarnya sahabat kamu ? Aduh gustiiiii, hal ini pasti terjadi di salahsatu kamu deh :p Hayoooo ngaku !!

Kalau memang udah terlanjur terjadi hal seperti ini, jangan menunda untuk minta maaf ya gaes ke sahabat yang udah kamu khianatin. Selain untuk memperbaiki keadaan persahabatan kamu, pastinya untuk ngurangin dosa kita euy ihihihihihi
Walaupun persahabatan tersebut akan sulit untuk seperti sedia kala, tapi pentingnya mengakui kesalahan itu jauh lebih cepat memperbaiki masalah dibandingkan harus gede gengsi saling nyalahin orang lain kan :)  Aku sih yakin, kalau sahabat kamu baik, dia pasti akan menerima kesalahan kamu walupun ya memang sakit, tapi setidaknya kamu tidak gengsi untuk melakukan permintaan maaf dan mengakui kekhilafan .

Dari segi BISNIS, ada juga loh yang namanya Makan Temen Baik. 
emmm... gini maksudnya. Setiap orang pasti punya yang namanya perbedaan pendapat, perbedaan kebutuhan, dan perbedaan prinsip. 
Jadi ketika memutuskan berbinis dengan sahabat kita, kita benar-benar harus bulatkan tekat, kuatkan prinsip untuk tidak menghianati sahabat kita sendiri.
Sangat banyak sekali Bisnis bareng sahabat jadi sukses bersama, tapi ga menutupi ternyata sangat banyak juga Bisnis bareng sahabat justru malah dihianati.

Dihianati dari segi materi misalnya. Tanpa kita sadari ternyata partner sekaligus sahabat kita sudah menyalah gunakan kepercayaan yang sudah kita berikan dan bangun sejak lama.
Dengan alkisah seperti ini sudah pasti dong ya "Persahabatan seindah apapun akan pudar".
Jadi kalau memang, mau bangun bisnis bareng sahabat, sekiranya memang kita belum layak untuk bertanggung jawab atas bisnis tersebut, lebih baik ga usah deh. 

Selain, akan bikin hancur persahabatan, kita udah sangat membuat dia kecewa berkali lipat. Dan ga semudah itu membangun citra yang hancur menjadi semula. Seperti gelas kaca yang sudah hancur, walaupun di lem dan di susun lagi sebaik mungkin tetep aja retakan gelasnya akan ada :)

Jadi Teman Baik adalah Mengajak Teman Baik untuk Makan Bareng
BUKAN 
Malah Kita MAKAN Teman Baik Kita

3. EGOIS

Keegoisan bukanlah hal yang aneh didalam sebuah persahabatan. Jika Kita Egois tetapi tidak untuk selalu di anggap paling benar yaaa boleh lah dikit, Tapi kalau Egois untuk selalu minta dimengerti mending Tenggelem aja deh ya :p hahaha

Banyak oknum orang yang keras kepala tetapi ga untuk dinilai paling benar atas setiap masalah. Justru sebaliknya, keras kepalanya adalah menjaga keharmonisan sebuah hubungan persahabatan itu sendiri. Dan banyak juga oknum yang keras kepala tapi setiap masalahna selalu mau dianggap paling benar dan tidak ada toleransi untuk sahabatnya. (Pokoknya yang bener dia aja deh). 
Apa akan menjamin harmonis persahabatan yang demikian?
Ataukah didasari sebuah ketulusan persahabatan yang dibangun dari sebuah keegoisan ?

sumber: thumblr


4. GA BERANI MENYELESAIKAN MASALAH

Loh, Loh, Loh Masalah kok dihindari. Kapan seleseinya ? Kapan ketemu solusinya ?
Poin penting dalam sebuah persahabatan adalah ga cuma bahagia terus, tetapi juga masalah sekecil dan sebesar apapun wajib diseleseikan bersama, bukan dengan pemikiran kita sendiri secara sepihak. Karena bisa saja penilaian kita terhadap sahabat kita ternyata salah.Atau mungkin jika sudah diselesaikan secara bersama kita tau dimana poin salahnya dan dimana dan bagaimana harus kita perbaiki. 
Sahabat adalah teman rasa keluarga, kalau kita tidak bisa menjaga hubungan baik dengan sahabat baik kita, bagaimana kita bisa bersikap baik terhadap orang lain ? 

5. Menyepelekan SAHABAT

Terkadang karena sudah lama kenal, kita hampir saja membuat sahabat kecewa karena kita sepelekan. Mungkin dari hal waktu kumpul, atau lupa bayar utang misalnya. Padahal orang yang pertama dan terakhir yang selalu membantu kita adalah sahabat kita sendiri. Dan hal itu tanpa kita sadari.
Terlalu menyepelekan kisah hidupnya dengan cerita kita yang segambreng yang tanpa kita sadari, kita tidak pernah bertanya bagaimana tentangnya ?

Sahabat tidak harus selalu dinilai dari bagaimana materinya, tetapi dengan kita meminta dia mendengarkan cerita kita, tanpa kita sadari kita telah merampas waktunya untuk mendengarkanmu yang belum tentu orang lain memperdulikanmu.

Aku rasa cukup ya 5 poin yang udah aku ceritain ngalor ngidul ini :p hehehe
Bahwa sejujurnya setiap orang memiliki Persahabatan bagai Kepompong ini pasti punya cara yang berbeda untuk mempertahankan keharmonisan satu sama lain. Dan aku yakin, semakin harmonisnya Persahabatan kalian adalah bentuk dari tidak melakukan hal diatas dan saling support satu sama lain. 
Waaaw... Sahabat adalah Teman Rasa Keluarga yang memang sepantasnya di jaga hatinya, dipertahankan keharmonisannya, dihilangkan kegengsiannya.


thanks for reading ya gaes
semoga kamu dan aku adalah orang yang paling beruntung untuk selalu memiliki sahabat yang baik.

Post Comment
Post a Comment